was successfully added to your cart.

Orangtua Adopsi Harus Jujur Terhadap Anak

By April 7, 2017Kabar YSI Jakarta

Orangtua adopsi harus jujur dan mengatakan asal- usul anak adopsi agar tidak memutus nasab atau pertalian keluarga. “Secara agama harus diberi tahu hubungan darah bapak dan ibu. Jadi, sedini mungkin dalam situasi yang memungkinkan harus diberi tahu,” Ketua Yayasan Sayap Ibu (YSI) Rin Tjipto Winoto, di Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Saat ada kesempatan, kata dia, orangtua harus memberi tahu walaupun akan menimbulkan reaksi kaget atau ketidaksukaan dari anak. Berdasarkan pengalamannya membantu proses adopsi, sejumlah orangtua bahkan tidak ingin tetangga atau bahkan asisten rumah tangga tahu proses adopsi yang dilakukan agar nantinya tidak memberi tahu anak. “Saat kami melakukan kunjungan ke rumah, pernah pembantu diminta pergi dulu supaya tidak tahu akan mengangkat anak. Atau habis itu pindah,” tutur Tjipto.

Orangtua asuh dinilainya tidak perlu mengkhawatirkan hal itu, apalagi sekarang anak muda sudah lebih terbuka pikirannya. Selain itu, mengadopsi anak bukan sesuatu yang tabu, bahkan merupakan hal baik dengan tujuan membantu masa depan anak yang kekurangan. “Itu harus dilakukan daripada melanggar hukum agama,” kata Tjipto.

Ia memastikan pihaknya akan memfasilitasi jika anak ingin bertemu dengan orangtua kandung. Yayasan Sayap Ibu (YSI) Cabang Jakarta yang berkapasitas 50 balita kini diisi sebanyak 35 balita, baik diserahkan langsung oleh orangtua karena tidak mampu, maupun ditelantarkan oleh orangtua kandung.

Leave a Reply